Monday, December 10, 2007

Umbul atau Gambaran Silat


Saat kanak-kanak dulu (waktu SD, sekitar tahun 1980-an), salah satu mainan atau permainan yang saya gemari adalah bermain cap, umbul, atau gambaran. Bentuknya berupa kertas bergambar aneka cerita. Bisa cerita kepahlawanan tempo doeloe, kisah hero saat itu,atau yang sangat digemari adalah cerita-cerita silat.

Ciri lain, pada kertas bergambar itu terdapat trade mark dengan tulisan
"GK" kepanjangan dari " Gunung Kelud " (nama brand atau merek yang memproduksi kertas Cap ini. Saya nggak tahu apakah perusahaan GK ini masih eksis hingga sekarang?

Atau masih memproduksi kertas Cap model begini. Untungnya saya mendapatkan kertas-kertas Cap ini dari sebuah toko tua di kota Kudus. Sebuah kenangan akan permainan saat kanak dulu. Sambil mengenang, dulu bila menang permainan umbul, saya bisa mendapatkan berdus-dus kertas Cap. Namun bila kalah, ya ludes.

Gara-gara mainan ini, ibu saya pernah marah-marah karena semua laci lemari penuh oleh umbul. Selain itu umbul/tjap menjadi tempat yang nyaman bagi tikus untuk bersarang.

1 comment:

Unknown said...

Asyiknya main umbul kayak dulu!