Wednesday, January 16, 2008

Mainan Anak Tradisional-the series

Tak disangka, respon terhadap blog warungbarangantik.blogspot.com ini tergolong lumayan. Terutama konten mainan anak tradisional. Respon terhadap blog ini datang dari berbagai daerah seperti : Jakarta, Pekalongan, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, bahkan sampai ke Johor , Malaysia. Ada yang sekadar menanyakan harga, mengajak barter, menawarkan koleksi, menanyakan daerah yang biasa sebagai tempat hunting, dan ujung-ujungnya ada yang pesan dan beli mainan anak tradisional hingga puluhan jumlahnya.
Sahabat, khusus mainan anak tradisional, tidak semua saya koleksi di rumah. Ada beberapa rusak dan dimakan usia. Mengingat bahan pembuatannya dari materi alam (seperti kayu, kertas, dan bambu) atau bahan-bahan daur ulang yang sangat rentan terhadap suhu dan cuaca.
Untuk itu sebagian besar koleksi mainan anak tradisional ini, bila ada pesanan, justru saya datangkan langsung dari para pengrajin atau pedagangnya. Umumnya mereka berada di luar Jakarta, misal di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Jadi mainan-mainan ini bolehlah dikatakan "fresh" bila dikirim ke saya oleh para pengrajinnya.
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang merespon blog ini. Untuk kedepan semoga koleksi blog ini semakin beragam dan semakin meng-Indonesia.

Pengelola Blog

6 comments:

Aimee said...

saya mau tanya apakah bapak Daniel selain memiliki Blog juga memiliki alamat Email? Kalau boleh saya tertarik untuk berbicara lebih dalam tentang mainan tradisional indonesia, karena saya sebagai mahasiswi desain interior memiliki proyek tugas akhir ingin membuat museum mainan tradisional indonesia, dan saya butuh pengetahuan lebih dan studi yang cukup.jika tidak keberatan apakah bapak bersedia mengabari saya melaluin email, gfrog_yuza@yahoo.co.id
terima kasih...

Addini said...

Saya dan teman-teman tertarik untuk membuat film dokumenter tentang pembuatan mainan tradisional Indonesia. Apakah Bapak dapat memberitahukan pada saya di mana kira-kira kami dapat diizinkan untuk pengambilan gambar tentang proses pembuatan mainan tersebut(Jakarta)? Jika Bapak tidak keberatan, tolong kabari saya di animaz50@gmail.com

sandalmerah... said...

Nama saya Wening Insani, mahasiswi semester 7, Jurusan Desain Produk Industri, Program Studi Desain Komunikasi Visual ITS-Surabaya. Saat ini saya sedang menjalani matakuliah riset TA, dan ingin meriset tentang Dolanan Tradisional Indonesia, untuk itu, saya ingin berdiskusi dengan bapak tentang dolanan tersebut. boleh saya tahu e-mail bapak? E-mail saya di sandalmerah@gmail.com. terimakasih banyak..

rememberfashion said...

pak daniel, kami berniat membuat liputan bertema kembang kertas. boleh minta info, dimana lokasi pengrajin bunga kertas...??

mohon infonya di
hateblueloveyellow@gmail.com

terimakasih

indah senja said...

saya sedang mengangkat tema mainan tradisional kembang kertas untuk TA sebagai mahasiswa kriya tekstil dan mode.saya tertarik Karena memilika bentuk yang menarik untuk dikembangkan. bisa bantu saya untu info selanjutnya kabari saya lewat email mookies_iankaqw@yahoo.co.id

indah senja said...

saya sengat butuh data mengenai mainan tradisional "kembang kerta". untuk itu saya mohon anda bisa membantu saya melalui emal mookies_iankaqw@yahoo.co.id