Monday, July 28, 2008

Poster Rokok-Rokok Kampung 1

Awalnya saya ragu untuk memposting koleksi lama saya, yakni : rokok-rokok kampung. Menurut saya, karena rokok-rokok itu tidak termasuk kategori barang antik atau tempo doeloe. Hanya beberapa merek rokok tertentu yang tergolong "antik" dan "tempo doeloe" karena memang sudah berdiri sejak lama. Karena saya lahir dan besar di Kudus, Jawa Tengah, sejumlah merek rokok kampung di Kudus sudah tak asing bagi saya. Diantaranya merek rokok kelas II di Kudus seperti : Jambu Bol, Sukun, Langsep, Nodjorono. Ada juga yang kelas III seperti : Kalimas, Kerbau, dsb.

Saya tertarik dengan rokok-rokok kampung itu karena desain grafisnya yang menurut saya unik, sangat "kampung", dan satu lagi, nggak umum. Ada ratusan rokok kampung yang saya koleksi dan saya dapat dari berbagai kota di pulau Jawa dan Kaimantan. Diantaranya di kota-kota di Pulau Jawa, seperti Kudus, Jepara, Semarang, Ambarawa, Yogyakarta, Solo, Blitar, Pacitan, Bandung, dan Bogor. Juga di Pulau Kalimantan seperti kota Pontianak dan Banjarmasin.

Karena produk rokok didominasi bahan kertas (papier) dan tembakau, seiring perjalanan waktu, tak sedikit koleksi rokok kampung saya yang berbau apek dan pudar warna kemasannya. Untuk itu, semua rokok kampung tersebut saya dokumentasikan satu persatu ke dalam foto digital. Belasan rokok saya buat poster dengan bahan kertas foto seperti gambar ini. Sejumlah teman ternyata tertarik dan pesan untuk dijadikan poster di rumah atau kantornya.

Koleksi yang unik bukan?

Keterangan : Reproduksi Poster Rokok Kampung dijual dengan ukuran 19 R menggunakan kertas foto dengan harga Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per lembar tanpa frame dan diluar ongkos kirim.


11 comments:

brutalator said...

mas koleksi rokoknya kalo mau saya beli harganya brapa dan gimana caranya

soalnya beberapa saya belon punya hehehe maklum baru nyampek angka 170an biji nih koleksi rokok kampung saya

terimakasih

tolong di email aja ya mas

ke djayuspl99@gmail.com

Unknown said...

Sy ada rokok 555 kuning,gold,commodore,ardath,kansas,jambu bol,234 kaleng 99 / 100 th,bentoel dll hub 082181947755, / 085766637472

awie dewi said...

Saya butuh rokok filtra hub 081289829953

Unknown said...

Sy ada comodor.ardat.kansas.jambu bol. Gentong.555 kuning.234 klg 99/100 th dll rk di jamin asli hub 082181947755/ wa 085766637472

Unknown said...

Sy ada comodor.ardat.kansas.jambu bol. Gentong.555 kuning.234 klg 99/100 th dll rk di jamin asli hub 082181947755/ wa 085766637472

Handi yulia said...

ada yg jual roko filtra ga?klw ada WA ya ke 089622860017

Unknown said...

Mencari rokok gudang garam merah yg belum ada gambar larangan pemerintah dan dokter...gambar tenggorokan atau mulut orang...
Berikut Sampoerna mild ment

Unknown said...

Dimana alamatnya sy butuh roko comodore

Unknown said...

Masih adakah yg punya rokok kretek 555 lama?

Unknown said...

555 putih ada yang kretek

Unknown said...

Sy ada commodor.kansas.ardat.555 kuning indonesia.jambu bol.djarum.sukum.mascot dll hub telp / wa 082181947755