Monday, November 3, 2008

Kendoeri Tempo Doeloe 2008 : Serba Jadoel Tumpah Ruah


Berbagai kegiatan berupa Parade Sepeda Toea,Remboeg Kebangsaan, Pemoetaran Filem Sedjarah, dan Pasar Ra'jat digelar di Gedung Kwarnas Pramuka, Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (2/11/2008). Ajang yang bertajuk " Kendoeri Tempo Doeloe " ini melibatkan para "pelaku" tempo doeloe menampilkan aneka koleksi sepeda onthel, tin toys, mainan anak tradisional, iklan/pariwara jadoel, asesoris onthel, kalender kuna, serta perabotan rumah tangga era 1960-1970an.

Tak hanya itu, sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB, di depan gedung Kwarnas Pramuka berlangsung parade dan konvoi para onthelis dengan berbagai macam sepeda onthel berbagai merek dan tahun keluaran. Tak lupa para onthelist mengenakan kostum, atribut serta pernak-pernik khas onthel. Seperti kostum tentara
PETA (Pembela Tanah Air), seragam TNI era 1949(lengkap dengan senapan serbunya), Pak Guru, Pak camat, Wedana, dan banyak kostum yang khas onthelist di Indonesia.

Para Onthelist ini datang dari berbagai daerah di Indonesia. bahkan ada yang datang dari Sulawesi Selatan dan Kalimantan. Baik datang secara pribadi atau dengan komunitasnya (klub). Yang mengundang minat tinggi dari komunitas onthel ini adalah bazar aneka asesoris onthel, dari emblem hingga frame
onthel berbagai merek onthel terkenal pada jamannya.

Selain onthel yang mendominasi hampir gelaran ini sejak awal hingga akhir acara, juga terdapat aneka
tin toys, mainan anak tradisional (seperti bola bekel, gasing, ketapel, dsb.), juga aneka perabotan rumah tangga tempo doeloe berupa teko, mug, ceret yang bermotif blirik. Juga tak kalah menarik adalah iklan-iklan lama era tahun 1930-an, 1940-an, hingga 1970-an. Yang unik lagi, ada stand yang memajang aneka kalender Indonesia di era 1950-an hingga 1960-an. Hemm, serasa mengenang Indonesia Tempo Doeloe.

Daniel Supriyono


No comments: