Monday, March 30, 2009

Foto Tempo Doeloe : Jualan Es


Jauh sebelum saya bikin blog warungbarangantik, 15 tahun lalu, saya secara iseng suka mengumpulkan visual-visual bertema tempo doeloe. Visual ini umumnya berupa foto dengan ragam materi. Bisa foto repro, kartu pos, atau foto dari sebuah media tempo doeloe. Karena iseng, saya jarang menyimak informasi di sekujur foto itu. Nah, salah kartu pos ini saya beli tapi kadang saya simpan secara sembrono. Umumnya di lipatan buku. Ketika bukunya nyelip entah kemana, "hilang" sudah foto-foto tempo doeloe itu.

Suatu ketika saya menemukan lagi foto-foto kartu pos itu. Ternyata cocok dengan blog yang sekarang saya buat. Tema Netherlands Indie. Bagai menemukan harta karun yang telah hilang ratusan tahun lamanya. Maka foto-foto kartu pos ini lah yang saya posting di blog warungbarangantik kali ini. Diantaranya foto-foto :

1.Jualan Es.
Foto ini menurut saya sangat menarik karena saya mendapatkan dimensi yang lain lagi dari foto-foto sejarah yang selama ini kita kenal lewat pelajaran sejarah Indonesia.
Fotonya tentang rakyat kecil dengan kegiatan yang sangat sederhana. Penggambaran kehidupan yang sangat biasa kala itu.Ada pedagang es dengan botol-botol sirupnya dengan suasana yang ramai. Ada anak-anak yang mengerumuni pedagang balon tiup (sepertinya bahannya dari karet pentil).

No comments: