Friday, November 23, 2007

Serial Mainan Tradisional Indonesia : Balon Pentil


Waktu saya masih SD, saya ikut nonton komedi di TVRI era 80-an, dengan salah atu komedian yang bernama Ros Pentil (mungkin sudah meninggal). Saya pikir itu nama asli dan tidak ada hubungannya dengan spare part sepele namun penting pada sepeda ontel. Nah, ketika ada balon pentil, saya pikir itu balon mengadopsi ketenaran si komedian Ros Pentil tadi. Ternyata saya salah besar saudara-saudara. Pentil ya pentil, spare part sepeda itu. Salah sendiri si pelawak gaya Suroboyo-an itu menambah embel-embel pentil di belakang namanya.
Kembali ke balon pentil, mainan "ringan" ini memang menarik minat anak kecil. Pertama dari bentuknya, kedua dari harganya. Nggak mahal-mahal amat. Bentuknya pun lucu-lucu. Ada yang kayak ular sampai yang mirip road race ini.
Lumayan buat menghibur anak. Cuma hati-hati. Harus jauh dari duri dan bara rokok. DOR!

No comments: