Friday, November 23, 2007

Serial Mainan Tradisional Indonesia : Topeng Barongan

Barongan adalah kesenian tradisional dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Biasanya kesenian ini muncul saat warga merayakan kegembiraan sebagai rasa syukur pada perhelatan khitanan atau panen raya. Segmen dalam kesenian Barongan terdiri dari pertunjukan Macan Barong (mirip dengan Reog Ponorogo). Kalau reog perwujudan dari singa, maka barong perwujudan dari macan atau harimau. Kalau reog dimainkan oleh satu orang, lain dengan barong. Dimainkan oleh dua orang layaknya permainan barongsay.
Segmen kedua terdiri dari pertunjukan jathilan atau jaran (kuda) kepang. Pertunjukan jaran kepang juga segmen yang menarik karena terdapat atraksi mirip debus Banten. Ada atraksi makan kaca/beling dan adu kekuatan. Dalam pertunjukan Barongan tak jarang menarik minat anak-anak. Untuk itulah di sejumlah tempat wisata dijajakan topeng barongan untuk anak-anak yang terbuat dari kayu randu. Tidak memakai asesories bulu merak cukup dengan bulu ayam saja.
Sayang dalam perkembangan waktu, tradisi hajatan nanggap Barongan tergusur oleh produk hiburan "kelas" modern seperti DVD atau organ tunggal.

No comments: